Surat Asy Syarh


Surat Asy Syarh Arab, Latin & Terjemah Bahasa Indonesia الشرح


 

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ

 

Arab-Latin: a lam nasyraḥ laka ṣadrak

Artinya: 1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,

 


وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ

 

wa waḍa’nā ‘angka wizrak

2. dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,

 


ٱلَّذِىٓ أَنقَضَ ظَهْرَكَ

 

allażī angqaḍa ẓahrak

3. yang memberatkan punggungmu?

 


وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

 

wa rafa’nā laka żikrak

4. Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,

 


فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

 

fa inna ma’al-‘usri yusrā

5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

 


إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

 

inna ma’al-‘usri yusrā

6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

 


فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ

 

fa iżā faragta fanṣab

7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

 


وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرْغَب

 

wa ilā rabbika fargab

8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

 


Pengantar

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam, yang percaya itu diturunkan oleh Allah kepada Muhammad. Ini berisi 114 bab, atau surah. Setiap sura memiliki tema tertentu dan biasanya tentang kehidupan Nabi Muhammad (saw).

Petunjuk lengkap membaca Surat Asy Syarh online.

Untuk membaca Surat Asy Syarh online, Anda harus mengunjungi situs web Al-Qur’an. Sesampai di sana, klik tautan Surah Asy-Syarh lalu klik tautan bacaan. Anda akan melihat daftar qari berbeda yang telah merekam versi audio mereka sendiri dari surah ini. Pilih satu yang Anda suka dan dengarkan!

Jika Anda ingin membaca bersama dengan terjemahan bahasa Inggris, cukup klik tautan yang sesuai untuk menampilkan terjemahan bahasa Inggris dari Surat Asy Syarh.

Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Itu adalah kumpulan wahyu dari Tuhan dan berisi semua ajaran yang ingin dia sampaikan melalui nabinya.

Surat Asy Syarh merupakan surat yang paling utama dalam Al Quran. Itu juga merupakan surah terakhir dari Quran, dan itu salah satu yang terpendek. Ini menjadikannya tempat yang bagus untuk memulai jika Anda baru memulai studi Islam Anda.

Surat Asy Syarh diturunkan pertama kali, ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun dan telah menerima wahyu selama beberapa waktu (sekitar 20 tahun). Dia memiliki banyak pengikut pada saat ini dan mereka sangat ingin belajar lebih banyak tentang iman mereka darinya serta belajar lebih banyak tentang dia secara pribadi melalui ajarannya tentang apa artinya menjalani kehidupan Islami sesuai dengan keinginan Tuhan daripada keinginan manusia atau pemikiran aneh. tentang apa yang terbaik untuk diri kita sendiri tanpa memikirkan apapun terhadap kebutuhan/keinginan orang lain dan sebagainya.

Surah Asy-Syarh dianggap sebagai salah satu bab yang paling penting dari Quran. Di dalamnya terdapat ayat-ayat yang sangat erat kaitannya satu sama lain baik dari segi makna maupun isinya, sehingga tampak seperti satu ayat ketika dibacakan dengan lantang. Surat ini diturunkan pada Senin malam di Mekkah selama periode waktu Nabi Muhammad (saw).

Baca Al Quran online

Membaca Al-Quran online adalah cara yang bagus untuk memulai bacaan harian Anda. Ini juga merupakan pilihan yang sangat baik bagi mereka yang mungkin tidak memiliki akses ke aplikasi atau koneksi internet, tetapi masih ingin membaca dan mendengarkan surah favorit mereka.

Membaca Al Quran secara online memiliki banyak manfaat:

Anda dapat mendengarkan atau membaca dengan kecepatan Anda sendiri, tanpa terganggu oleh iklan atau pop-up.

Anda dapat dengan mudah mencari ayat atau bab tertentu menggunakan bilah pencarian di bagian atas setiap halaman di situs web kami.

Baca dan dengarkan Quran di semua surah

Al-Quran adalah teks agama yang diyakini umat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad. Kata “Quran” berarti “bacaan”.

Quran diturunkan selama 23 tahun dan terdiri dari 114 bab (sura). Itu ditulis selama masa hidup Nabi Muhammad dan para sahabatnya ketika mereka mendengarnya membacakannya kepada mereka. Surat-surat tersebut juga dihafalkan oleh banyak sahabat yang belajar langsung dari Nabi Muhammad dan kemudian mewariskan ilmunya secara bergantian kepada orang lain setelah kematiannya. Dengan demikian, ada banyak versi yang tersedia saat ini dengan sedikit perbedaan di antara mereka karena kesalahan manusia ketika menyalin teks-teks ini selama berabad-abad melewati tanggal wahyu aslinya:

Baca dan dengarkan Al Quran online tanpa perlu aplikasi atau koneksi internet.

Anda dapat membaca dan mendengarkan Al Quran secara online tanpa membutuhkan aplikasi atau koneksi internet. Ini dimungkinkan karena bantuan banyak sukarelawan yang telah menerjemahkan dan merekam bacaan mereka, memungkinkan Anda untuk mendengar suara mereka saat mereka membaca terjemahan mereka sendiri. Situs web ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mencari ayat tertentu dalam berbagai bahasa, seperti Inggris atau Prancis.

Kesimpulan

Kami harap Anda menikmati pelajaran ini. Jika Anda seorang pemula, kami sarankan untuk memulai dengan pembacaan Surat Asy Syarh dalam bahasa Arab yang sempurna dan kemudian berlatih membaca bagian-bagiannya. Seperti halnya semua bahasa Arab, pelafalan sangat penting sehingga penting untuk membaca setiap kalimat secara perlahan dan hati-hati sebelum melanjutkan ke kalimat berikutnya. Anda juga dapat menggunakan panduan ini sebagai kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang membuat Surat Asy Syarh begitu istimewa: relevansinya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Read More >> Surah Yasin